Menghubungkan Trello dengan Google Calendar

Share:
Yang membuatku sangat terpesona dengan Trello adalah fleksibilitasnya. Aku membuat perencanaan apa saja yang aku kerjakan di kehidupan sehari-hari menggunakan Trello. Mulai dari rencana mingguan, bulanan, mengelola konten blog, hingga mengatur pembuatan skripsi, aku lakukan dengan Trello.

Tapi aku tidak saja menggunakan Trello, aplikasi-aplikasi penunjang produktifitas lainnya juga aku gunakan.

Salah satunya adalah Google Calendar.

Alasan aku menggunakan Google Calendar, karena di Trello fitur reminder di ponsel masih tidak tersedia. Oleh karena itu aku menggunakan Google Calendar sebagai reminder.

Sebelum aku mengetahui bahwa Trello bisa digunakan bersamaan dengan Google Calendar, aku masih memindahkan task dari Trello ke Google Calendar secara manual. Contohnya ketika aku membuat rencana mingguan atau bulanan dan membutuhkan pengingat akan event-event penting atau deadline, aku menuliskannya lagi ke Google Calendar secara manual, aku sadar ternyata itu sangat menyita waktu dan tentu saja melelahkan.

Cara Menghubungkan Trello dengan Google Calendar

Untuk menghubungkan Trello dengan Google Calendar, kamu bisa memulai dengan

  1. Buka menu board di akun Trello kamu.
  2. Klik "Power Ups".
  3. Tuliskan Calendar di menu search.
  4. Klik Enable untuk mengaktifkan.

  1. Setelah aktif, klik ikon gear untuk melakukan pengaturan.
  2. Klik edit power up setting.
  3. Lalu copy URL yang ada di "Your Personal iCalendar Feed"
Setelah kamu mengikuti langkah-langkah di atas, yang kamu lakukan sekarang adalah mengakses Google Calendar kamu, lalu klik ikon "+" yang berada di samping "Add a friend's calendar", kemudian pilih From URL.

Paste URL yang kamu copy dari Trello tadi. Lalu klik Add Calendar.

Pengaturan Google Calendar di smartphone.

Setelah kamu selesai menghubungkan Trello dengan Google Calendar, agar kamu bisa mendapatkan reminder dari ponsel kamu, kamu harus melakukan beberapa langkah pengaturan.

  1. Download aplikasi Google Calendar untuk Android atau Calendar 5 untuk ios.
  1. Lakukan Sign in menggunakan akun Google yang kamu sambungkan dengan Trello tadi.
  2. Tap ke setting/pengaturan di Google Calendar kamu.

  1. Lalu tap task yang tertulis URL dari Trello.

  1. Pastikan sinkronisasi dalam posisi aktif agar tersambung langsung. Lalu tap Add notification di kolom deafult notification

  1. Atur waktu yang kamu inginkan agar setiap task mendapatkan reminder di ponsel kamu. Di sini aku memilih 5 hours before, yang artinya aku akan mendapatkan notifikasi 5 jam sebelum waktu yang aku atur sendiri di board Trello ku


Itu tadi cara-cara bagaimana Menghubungkan Trello dengan Google Calendar. Untuk kamu belum tahu apa itu Trello dan cara menggunakannya, bisa baca di sini.

Jika ada pertanyaan, bisa langsung komen aja di bawah.
 

Tidak ada komentar